Rabu, 02 Juni 2010

Bukan di Malaysia, Proton Emas Ingin Debut di India

Kuala Lumpur - Masih ingat dengan mobil konsep Proton Emas yang pernah dipamerkan di Geneva Auto Show beberapa waktu lalu? Alih-alih dilahirkan di tanah leluhurnya, Malaysia, Proton Emas malah kabarnya akan diproduksi di India terlebih dahulu.

Kabarnya, pabrikan mobil asal Malaysia ini siap membombardir pasar India dengan memproduksi Proton Emas di negeri yang terkenal dengan bangunan Taj Mahal ini.

Mobil yang didesain khusus oleh rumah desain Italdesign Giugiaro ini dipercaya akan lahir dengan four seater dan harga yang kompetitif.

"Kami menunjukan Emas di Geneva Motor Show sebagai mobil konsep, (dengan desain) yang akan diadopsi ke mobil Proton baru di segmen small car. Kami akan fokus di pasar India, China, ASEAN dan Timur Tengah dan memandangnya sebagai kunci bisnis perusahaan untuk jangka panjang," ungkap Group Managing Director Proton, Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir seperti detikOto kutip dari Business Standard, Rabu (2/6/2010).

Proton sendiri memang sudah sejak lama ingin menjajakan kakinya di India dan Emas yang bermodel small car dianggap pas karena pasar India memang dikenal suka dehgan model mobil seperti ini.

Hingga saat ini Proton mengaku masih terus mempelajari pasar India dengan lebih detail lagi dan berdiskusi dengan beberapa vendor. Sebab menurut Proton India
dianggap pasar yang sangat potensial dan penuh dengan harapan.

"Kami sadar bahwa waktu adalah penting. Kami ingin memasuki pasar India secepat mungkin," tandasnya.

Proton sendiri memang telah selama satu dekade menunggu untuk masuk ke India. Dulu mereka pernah bicara dengan Hindustan Motors untuk membuat sebuah
perusahaan patungan, tapi urung terjadi karena ada masalah keuangan.

Dan setahun yang lalu, Proton kembali membuat rencana menjajah India dengan skenario mengajak grup otomotif besar Hero untuk membuat perusahaan meski hingga
saat ini belum terdengar kelanjutannya.
( syu / ddn )detikOto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar